Kerjasama

Kerjasama Dalam Negeri

IKPI telah menjadi anggota KADIN sejak tahun 1977 dan selaku anggota KADIN, IKPI aktif mengikuti pertemuan yang diadakan oleh KADIN. Selain dengan KADIN juga menjalin komunikasi dan hubungan dengan APINDO.

Selain itu dalam rangka kerjasama pelatihan perpajakan IKPI telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan berbagai pihak seperti DJP, IAI, Tax Centre Universitas Indonesai, IAI, IAPI dan berbagai instansi atau pihak ketiga lainnya.

Kerjasama Internasional

IKPI telah menjadi anggota Asia Oceania Tax Consultants’ Association (AOTCA) yaitu  organisasi profesi konsultan pajak se-Asia Oceania yang terdiri dari 20 organisasi keanggotaan dari 16 negara seperti  Australia, Bangladesh, China, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Mongolia, Singapura, Sri Lanka, Pakistan, Philipina, Taiwan dan Thailand. Sejak 1 Januari 2020 IKPI dipercaya sebagai salah satu Vice Presiden AOTCA, yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Ruston Tambunan, Wakil Ketua Umum IKPI.

Setiap tahunnya AOTCA meyelenggarakan pertemuan tahunan dan seminar perpajakan internasional yang membahas isu-isu terkini terkait perpajakan internasional. Tuan rumah penyelenggara dilakukan secara bergilir di antara negara anggota. IKPI pernah menjadi tuan rumah pertemuan tahunan AOTCA yaitu pada tahun 2011. Dan dalam waktu dekat telah ditunjuk dan dipercaya kembali menjadi tuan rumah untuk pertemuan dan seminar AOTCA pada  tahun 2021 bertempat  di Bali yang semula direncanakan pada bulan Nopember tahun ini.

Kemudian dalam rangka kerjasama internasional, IKPI telah menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) dengan:

  1. Korean Association of Certified Public Tax Accountants (KACPTA) tanggal 18 Januari 2016;
  2. Japan Certified Public Tax Accountant Association (JCPTAA) tanggal 14 April

IKPI telah menerima kunjungan persahabatan dalam rangka pertukaran informasi tentang sistim perpajakan dari beberapa negara seperti Korea Selatan, Jepang, Nigeria.