Pengumuman

SKT


INFORMASI TERKAIT PMK NO. 111 TAHUN 2014
 

SURAT  EDARAN

Pengurus Pusat Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) dengan ini menyampaikan kepada Saudara hal-hal sebagai berikut:

  1. Bahwa IKPI telah terdaftar secara resmi di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai Asosiasi Konsultan Pajak sesuai dengan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) nomor SKT-01/AKP/PJ/2015 tanggal 21 September 2015.
  2. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 111/PMK.03/2014 tentang Konsultan Pajak diatur bahwa:

    a.Pasal 31 angka 6
    Konsultan Pajak yang telah melakukan pendaftaran ulang sebagaimana dimaksud pada angka 4, wajib menyampaikan fotokopi Surat Keputusan Keanggotaan Asosiasi Konsultan Pajak sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 ayat (1) huruf f yang telah dilegalisir oleh Ketua Umum Asosisasi Konsultan Pajak kepada Direktur Jenderal Pajak paling lambat 1 (satu) tahun sejak tanggal diterbitkannya izin Praktik.
    b.Pasal 31 angka 7
    Konsultan Pajak yang tidak melakukan pendaftaran ulang pada angka 4 atau tidak menyampaikan fotokopi Surat Keputusan Keanggotaan Asosiasi Konsultan Pajak sebagaimana dimaksud dalam angka 6, izin praktiknya dicabut dan dinyatakan tidak berlaku dengan tidak memperhatikan ketentuan pasal 29.

  3. Melalui Pengumuman nomor Peng-02/PJ.01/2015 tanggal 7 Oktober 2015  DJP telah mengumumkan bahwa terdapat Asosiasi Konsultan Pajak lain selain IKPI yang terdaftar di DJP.
  4. Bahwa berdasarkan Surat Edaran  Pengurus Pusat IKPI nomor : SE-02/PP.IKPI/V/2015 tanggal 5 Juni 2015  secara tegas dinyatakan bahwa IKPI menentukan sikap “MONOLOYALITAS” dalam keanggotaan, oleh karenanya jika terdapat anggota yang menjadi anggota atau Pengurus asosiasi konsultan pajak yang lain, maka status keanggotaannya dinyatakan GUGUR.                                                                                                                                             Sehubungan dengan proses pengkinian data keanggotaan IKPI serta memenuhi ketentuan  sebagaimana tersebut di atas, maka dengan ini disampaikan kepada Saudara hal-hal sebagai berikut:
  5. Setiap anggota IKPI diwajibkan untuk melakukan pendaftaran ulang keanggotaannya dengan cara mengisi formulir pendaftaran ulang dan melampirkan dokumen yang diperlukan untuk persyaratan pendaftaran ulang sebagaimana terlampir.
  6. Setiap anggota IKPI diwajibkan membuat surat pernyataan  terkait kewajiban anggota serta tidak menjadi anggota dan atau pengurus Asosiasi Konsultan Pajak lain, ditandatangani di atas meterai sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  7. Proses pendaftaran ulang, penyampaian serta pengambilan dokumen  dilakukan secara kolektif melalui Cabang dimana anggota terdaftar.
  8. Berdasarkan dokumen/data yang diterima dari anggota melalui Cabang, Pengurus Pusat akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) Keanggotaan baru dan  membuat fotokopi SK Keanggotaan untuk dilegalisasi oleh Ketua Umum. SK Keanggotaan beserta fotokopi yang telah dilegalisasi oleh Ketua Umum akan diserahkan kepada anggota melalui Cabang.
  9. Penyampaian fotokopi SK Keanggotaan yang telah dilegalisasi oleh Ketua Umum ke DJP dilakukan dan menjadi tanggungjawab masing-masing anggota.
  10. Untuk dapat diproses lebih lanjut, dokumen pendaftaran ulang keanggotaan IKPI dikirimkan ke sekretariat IKPI Pusat dengan alamat sebagaimana tersebut di atas selambat lambatnya tanggal 31 Desember 2015.

Kepada seluruh Pengurus Pusat, Para Ketua Pengurus Daerah dan Para Ketua Pengurus Cabang IKPI di seluruh Indonesia agar meneruskan informasi ini kepada para anggotanya sekaligus melakukan pengkinian (updating) data keanggotaan IKPI yang berada di bawah koordinasinya.

 
Demikian disampaikan untuk dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Pengurus Pusat IKPI

Mochamad Soebakir

    Ketua Umum


0
0

Buku Pajak

Daftar Anggota

User login

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.

counter

  • Site Counter: 6,780,526
  • Unique Visitor: 184,091
  • Registered Users: 159
  • Unregistered Users: 30,156
  • Blocked Users: 30,144
  • Published Nodes: 5,337
  • Unpublished Nodes: 8
  • Server IP: 115.124.92.116
  • Your IP: 54.204.172.174
  • Since: 2009-11-06 11:22:43
  • Visitors:
  • Today: 5748
    This week: 17075
    This month: 17075
    This year: 17075